Wednesday, May 08, 2013

Insert file swf di excel



Jika kita punya file game, animasi, dll dengan format swf (shock wave flash) tetapi kadang2 kita tidak bisa membuka file tersebut karena tidak ada software flash player, maka file tersebut bisa kita buka hanya dengan microsoft excel.  Bagaimana cara menempatkan file flash yang berekstensi swf ke excel ?
Caranya cukup mudah, yang pertama kali dilakukan adalah siapkan dulu file flashnya, misalnya nama filenya "game 1.swf", dan langkah kedua sudah tentu buka dulu Excel, dalam hal ini saya menggunakan excel 2003.

1. Pada Menu Worksheet, Buka Menu View -->Toolbar -->Control Toolbox

2. Setelah muncul menu Control Toolbox kemudian pilih tombol More Control 
3. Pada popup window pilih filih Shockwave Flash Object













4. Setelah itu pada area sheet di excel buat range object untuk menampilkan file swf












5. kemudian pilih object yang telah di buat seperti gambar diatas, selanjutnya pada menu control toolbox pilih tombol properties , dimana selanjutnya akan muncul pop up windows seperti dibawah ini


















6. Pada window properties, setting AutoLoad menjadi True, kemudian setting Embed Movie menjadi True dan masukkan alamat file pada row Movie, contoh : C:\firja\game 1.swf (jangan lupa, belakang harus *.swf)
7. Langkah Terakhir, Tutup jendela window properties, dan pada menu control toolbox, tekan tombol Exit Design Mode untuk melihat hasilnya. Kemudian simpan filenya.
Jika object tidak jalan/ bergerak, klik kanan pada object, kemudian klik forward atau rewind.


Selamat mencoba!!!







No comments:

Post a Comment